ya Allah jadikanlah aku orang yang mulia dihadapanmu dan jadikanlah aku orang yang sukses.
Translate this site to other languages

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

  • Macam-Macam RNA

    RNA dapat dibedakan menjadi dua kelompok utama, yaitu RNA genetik dan RNA non-genetik.
    1. RNA genetik
    RNA genetik memiliki fungsi yang sama dengan DNA, yaitu sebagai pembawa keterangan genetik. RNA genetik hanya ditemukan pada makhluk hidup tertentu yang tidak memiliki DNA, misalnya virus. Dalam hal ini fungsi RNA menjadi sama dengan DNA, baik sebagai materi genetik maupun dalam mengatur aktivitas sel.
    1. RNA non-genetik
    RNA non-genetik tidak berperan sebagai pembawa keterangan genetik sehingga RNA jenis ini hanya dimiliki oleh makhluk hidup yang juga memiliki DNA. Berdasarkan letak dan fungsinya, RNA non-genetik dibedakan menjadi mRNA, tRNA, dan rRNA.
    1)   mRNA (messenger RNA) atau ARNd (ARN duta)
    mRNA merupakan RNA yang urutan basanya komplementer (berpasangan) dengan salah satu urutan basa rantai DNA. RNA jenis ini merupakan polinukleotida berbentuk pita tunggal linier dan disintesis oleh DNA di dalam nukleus. Panjang pendeknya mRNA berhubungan dengan panjang pendeknya rantai polipeptida yang akan disusun. Urutan asam amino yang menyusun rantai polipeptida itu sesuai dengan urutan kodon yang terdapat di dalam molekul mRNA yang bersangkutan. mRNA bertindak sebagai pola cetakan pembentuk polipeptida. Adapun fungsi utama mRNA adalah membawa kode-kode genetik dari DNA di inti sel menuju ke ribosom di sitoplasma. mRNA ini dibentuk bila diperlukan dan jika tugasnya selesai, maka akan dihancurkan dalam plasma.










    A
    2)   tRNA (transfer RNA) atau ARNt (ARN transfer)
    RNA jenis ini dibentuk di dalam nukleus, tetapi menempatkan diri di dalam sitoplasma. tRNA merupakan RNA terpendek dan bertindak sebagai penerjemah kodon dari mRNA. Fungsi lain tRNA adalah mengikat asam-asam amino di dalam sitoplasma yang akan disusun menjadi protein dan mengangkutnya ke ribosom. Bagian tRNA yang berhubungan dengan kodon dinamakan antikodon.












    Gb. Struktur tRNA
    3)   rRNA (ribosomal RNA) atau ARNr (ARN ribosomal)
    RNA ini disebut ribosomal RNA karena terdapat di ribosom meskipun dibuat di dalam nukleus. RNA ini berupa pita tunggal, tidak bercabang, dan fleksibel. Lebih dari 80% RNA merupakan rRNA. Fungsi dari RNA ribosom adalah sebagai mesin perakit dalam sintesis protein yang bergerak ke satu arah sepanjang mRNA. Di dalam ribosom, molekul rRNA ini mencapai 30-46%.
    Dengan adanya penjelasan materi di atas, terdapat perbedaan antara DNA dan RNA.
    Tabel . Perbedaan DNA dan RNA

    DNA (Deoxyribo Nukleat Acid) RNA (Ribo Nukleat Acid)
    -    Letak Dalam inti sel, mitokondria, kloroplas, senriol. Dalam inti sel, sitoplasma dan ribosom.
    -    Bentuk Polinukleotida ganda yang terpilin panjang Polinukleotida tunggal dan pendekl
    -    Gula Deoxyribosa Ribosa
    -    Basanya Golongan purin : adenine dan guanine Golongan pirimidin : cytosine dan timin Golongan purin : adenine dan guanine Golongan pirimidin : cytosine dan urasil
    -    Fungsi -          mengontrol sifat yang menurun -          sintesis protein
    -          sintesis RNA
    -       sintesis protein
    -    Kadarnya Tidak dipengaruhi sintesis protein. Letak basa nitrogen dari kedua pita ADN saling berhadapan dengan pasangan yang tetap yaitu Adenin selalu berpasangan dengan Timin, Cytosin dengan Guanin. Kedua pita itu diikatkan oleh ikatan hidrogen. Dipengaruhi sintesis protein. Macam ARN :
    ARN duta
    ARN ribosom
    ARN transfer

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger news